Membuat Form dengan Google Form

Admin 09.47

Google Forms?


Dari berdirinya Google, memang Google telah banyak berinovasi untuk kemajuan teknologi. Itu yang menyebabkan Google menduduki peringkat atas. Disamping sebagai mesin pencari, Google banyak memiliki aplikasi-aplikasi yang terintegrasi. Contohnya adalah Google+ sebagai media sosial, Google Drive sebagai media penyimpanan, Gmail sebagai layanan email, Google Forms sebagai media untuk membuat formulir, dan lain sebagainya.
Kali ini yang kita bahas adalah 'Membuat Form Kontak Untuk Blog Dengan Google Forms'.
Google forms adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Google untuk membuat suatu formulir. Google form ini merupakan aplikasi yang dimiliki oleh Google Drive, dimana para pengguna tentu harus memiliki akun google untuk bisa menggunakan fitur Google form ini.

Caranya?

1. Login ke akun Google anda, lalu masuklah ke menu google drive. Jika perlu, buatlah sebuah folder untuk menyimpan form anda supaya tidak berantakan.
2. Kemudian klik New > More > Google Forms untuk membuat file form baru.
3. Kemudian akan muncul halaman untuk membuat form, lalu isi dengan data yang akan dibuat.
4. Untuk setiap tab baik nama, email, atau pesan. Atur seperti gambar dibawah ini.


5. Setelah semua disetting, lalu klik 'Preview' di sebelah atas untuk melihat form yang telah kita buat.
6. Kita bisa mengganti warna yang akan kita pakai dengan memilihnya pada 'Color Palette'.
7. Untuk memasukkan form yang kita buat ke dalam blog, klik 'Send' lalu pilih embed. Selanjutnya copy source-codenya lalu pastekan ke entri baru blog, pilih mode HTML.
7. Setelah selesai, kita kembali dengan klik tombol kiri atas. Kita tidak perlu menyimpan karena form akan menyimpan dengan sendirinya.
Sekian.
 
Sumber : link

baru belajar blog, bantu doa

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »